BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

26 M untuk Covid-19, Tak Sepeser pun Jatah untuk Pendidikan

Bulukumba, JalurDua.Com – Beberapa opini mengemuka dari para peserta Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Bulukumba di Cafe Zebatik, Senin (29/6/2020).

Iqbal Arifin, S.Pd. (dok: Ist)

Salah seorang peserta, Iqbal Arifin, S.Pd., seorang praktisi pendidikan, menyoroti anggaran 26 milyar dan menempati beberapa satuan tugas, OPD, dan sebagainya. Namun tak sepeser pun jatah untuk bidang pendidikan. Padahal siswa dan sekolah adalah prioritas utama dalam sebuah “bencana”.

“Beberapa kebijakan pemerintah pusat dan SKB 4 Kementerian sudah ada untuk menjadi rujukan dalam menetapkan aturan sekolah dan proses belajar tapi Pemkab dan dikbud belum mengeluarkan keputusan prihal itu, semoga isi keputusan itu nantinya efektif dan efisien mengingat tahun ajaran baru dalam waktu dekat akan dimulai.” Urai Iqbal.

Iqbal menekankan, “Tak perlu PSBB, karantina, lockdown, atau apapun sebutannya, dan sudah ada contoh daerah yang pernah melakukan dan hasilnya apa? Malah menimbulkan kekacauan sosial dan menghabiskan APBD/APBN. Kalau itu dilakukan maka masyarakat melawan dua musuh, penyakit dan ekonomi.
Cukup pembatasan sosial dan mematuhi aturan protokol kesehatan biarkan ekonomi tetap jalan walau pelan maka musuh kita cuma satu yaitu penyakit.”

“Kita harus menengok sejarah,” tegas Ikbal. Lalu dia mencontohkan, seperti penyakit menular lainnya yang tetap ada dan tidak menutup kemungkinan penyakit lain di masa mendatang muncul juga.

“Maka perlu kesiapan semua pihak, pemerintah, masyarakat, dan semua stakeholder untuk menghadapi sehingga penanganan ini tidak terkesan “seadanya” yang mengakibatkan sering saling melemparkan kesalahan dan tanggung jawab.”

“Saya melihat untuk meredam segala keraguan, kesulitan, dan ketakutan bahkan kekacauan ini maka harus sesegera mungkin ada vaksin atau obat ampuh untuk virus ini (covid-19. red).”

Iqbal memungkas opininya dengan optimisme, ” In shaa Allah, gonjang ganjing virus corona pasti akan dilewati jika semua elemen masyarakat saling bahu membahu dan memiliki kesadaran, dan utamanya sudah ada vaksin untuk covid-19 ini. Maka segala bentuk pembatasan, protokoler, new normal, PSBB, karantina, dsb tidak diperlukan lagi dan kita bisa kembali menjalani hidup dengan normal.”(*)

Liputan: Uno
Editor : Alfian Nawawi

  1. Wonderful beat ! I wish to apprentice at the same time
    as you amend your site, how could i subscribe for
    a weblog website? The account aided me a acceptable deal.
    I were tiny bit acquainted of this your broadcast offered
    vibrant clear concept

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Latest Posts