BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Ada Permata dan Kristal di Bulukumba untuk Penyandang Disabilitas

JalurDua.Com, Bulukumba – Program Local Economic development of people with disabiity through active Advocacy for an inclusive Policy (LEAP) Bulukumba menggelar kegiatan program Kewirausahaan Inklusif  Untuk Penyandang Disabilitas (Kristal) di Hotel Arini I, Kota Bulukumba. Berlangsung tanggal 5-7 Agustus 2020.

Ketua Perhimpunan Mandiri Kusta (PerMaTa) Cabang Bulukumba, Ardiansyah, selaku penyelenggara, mengungkapkan, program Kristal didukung sepenuhnya oleh NLR Indonesia, sebuah organisasi non-profit nasional. NLR Indonesia selama ini bekerja untuk mendorong dunia tanpa kusta dan mewujudkan masyarakat inklusif bagi penyandang disabilitas. Sejak tahun 2018, NLR Indonesia berkomitmen mendorong kebijakan inklusif atas hak pekerjaan dan kesempatan berwirausaha bagi penyandang disabilitas melalui LEAP.

“Program LEAP berupaya menciptakan model peningkatan aksesibilitas dan peluang bekerja penyandang disabilitas dalam sektor formal dan sektor informal atau kewirausahaan.” Beber Ardiansyah, saat ditemui di sela-sela acara, Jumat (7/8).

Agenda NLR Indonesia sejalan dengan program Kristal yang meretas jalan lempang dan lapang menuju peningkatan kesadaran publik, peningkatan kapasitas DPO dan penyandang disabilitas termasuk orang yang pernah mengalami kusta, advokasi kebijakan dan aturan terkait hak pekerjaan, kesempatan berwirausaha dan penghidupan yang layak bagi penyandang disabilitas baik kepada pemerintah lokal maupun pelaku usaha, serta penguatan jejaring untuk advokasi. 

Yang juga sangat menarik, lantaran pemodelan kewirausahaan ini bersifat inklusif, maka juga mencakup implementasi untuk menerapkan terbentuknya unit bisnis wirausaha yang menyasar beberapa kalangan. Bukan hanya untuk orang dengan semua ragam disabilitas. Namun juga keluarga disabilitas dan non disabilitas, dengan melalui pendekatan kelompok.

“Kewirausahaan inklusif bertujuan untuk membangun terapan bisnis dan pemetaan potensi pasar dan bidang kewirausahaan yang inklusif di Bulukumba. Secara regulatif, ini senafas dengan Perda Bulukumba Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas.” Tandas Ardiansyah.(*)

Editor: Alfian Nawawi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Latest Posts