Adik-Adik Pelajar, Kini Kesempatan Kalian untuk Menjadi Pasukan Pengibar Bendera

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Bulukumba – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka memiliki tugas utama mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan di tiga tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan “CAPASKA” atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan “PASKIBRAKA”, dan setelah 17 Agustus, dinamakan “PURNA PASKIBRAKA”.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Tingkatan Paskibraka ada tiga. Pertama, Paskibraka Nasional , bertugas di Istana Merdeka. Kedua, Paskibraka Propinsi, bertugas di Pusat pemerintahan gubernur provinsi. Ketiga, Paskibraka Kota, bertugas di Pusat pemerintahan wali kota/kabupaten.

Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibu kota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas.

Di berbagai sekolah di tanah air, termasuk di Kabupaten Bulukumba, saat ini dibuka pendaftaran untuk menjadi anggota paskibraka. Salah satunya di SMAN 10 Bulukumba. Terbuka kesempatan bagi peserta didik baru tahun 2020/2021 untuk menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera.

Pengurus Ekstrakurikuler Pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) SMAN 10 Bulukumba 2020/2021 membuka kesempatan untuk adik-adik bergabung bersama menjadi pasukan pengibar bendera sekolah. Lebih jauh lagi, berkesempatan untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka di tingkat kabupaten, provinsi, dan bahkan nasional.(*)

Editor: Alfian Nawawi

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.