BerandaEdukasiAku Ingin Menjadi Apa?

Aku Ingin Menjadi Apa?

JalurDua.Com, Bulukumba – Setiap anak punya impiannya masing-masing.  Jika mereka ditanya, “kalau besar akan mau jadi apa, nak? “ Serentak jawabannya mereka berbeda-beda. Namun  ada yang harus dijelaskan  kepada mereka bahwa profesi atau pekerjaan itu banyak.

Kebanyakan anak hanya mencita-citakan menjadi polisi,  tentara dan guru. Padahal  di luar sana masih banyak  profesi  lain yang mereka belum ketahui. Karena apa yang mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari maka itulah yang mereka dambakan. 

Hari ini saya sedikit memberikan pemahaman kepada mereka dengan cara menanyakan terlebih dahulu hobi mereka atau bakat mereka seperti apa? 

Salah satu dari mereka menjawab. Namanya Raihan Al Zahra. “Saya suka sekali menggambar dan di rumah banyak gambar saya.” Katanya.

Dari dulu memang saya sering melihat hasil dari gambar anak ini. Dia tidak hanya menggambar rumah tapi setiap tempat atau benda yang dia lihat. Dan hasilnya bagus. 

Saya tanya lagi,  “Jadi senang menggambar ya, nak?”

Iye’ kusuka sekali,  kalau menggambarka pasti senangka,” jawabnya.

Kataku “Bagus nak,  itu perlu di tingkatkan nanti. Asah terus bakat dan minat itu. Semoga kelak bisa jadi orang sukses. Dan ada namanya pekerjaan nanti nak yang nabilang orang, arsitek. Disitumi semua orang yang jago menggambar dan bisa dapatkan uang banyak. Salurkan hobi sekaligus bisa dapat uang, nak.”

Dia terlihat bingung dan pasti bertanya-tanya,  apa itu arsitek karena baru dia dengar nama profesi itu.

Itulah kenapa kita harus memperkenalkan kepada mereka bahwa ada banyak profesi atau pekerjaan yang ada di luar sana. Seharusnya bekerja sesuai bakat dan minat kita juga.

Begitulah tuturan teks Kasma, mentor Kelas Gratis di Desa Balong, Sektor Ujungloe, Gerakan Mengajar Pemuda Daerah Mengabdi (Gema Pandemi). (*)

Editor: Alfian Nawawi

unohttp://jalurdua.com
Jurnalis JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

14 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here