BerandaEdukasiAM Sukri A Sappewali Lantik Komisi Informasi Bulukumba

AM Sukri A Sappewali Lantik Komisi Informasi Bulukumba

JalurDua.Com, Bulukumba. – Pengambilan sumpah dan pelantikan anggota Komisi Informasi kabupaten Bulukumba masa jabatan tahun 2020-2024 berlangsung di Ruang Pola kantor Bupati Bulukumba, Senin (14/012/2020).

Diakhir masa jabatan AM Sukri A Sappewali selaku Bupati Bulukumba melantik 5 komisioner yang telah ditetapkan oleh Bupati Bulukumba melalui keputusan Bupati dengan melalui beberapa tahapan hingga pada hasil akhir menempatkan 5 peringkat teratas.

Pada pelantikan ini dihadiri beberapa Forkompimda dimana beberapa diantaranya diwakilkan, turut juga menjadi undangan kepala OPD se kabupaten Bulukumba serta Camat Se- Kabupaten Bulukumba.

Kepala Diskominfo Bulukumba Daud Kahal saat dikonfirmasi di lokasi pelantikan menyampaikan, bahwa penetapan Komisi Informasi tidak lain karena Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya, menetapkan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik dalam menyelesaikan Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi.

“Komisi Informasi dibentuk Merespon arah kecenderungan atau keterbukaan informasi sebagai bagian amanat reformasi,” ungkap Daud Kahal

Lanjutnya, Komisi informasi yang pertama kali terbentuk di Sulawesi Selatan dan untuk lingkup Sulawesi hanya ada di Bulukumba dan Donggala Sulawesi Tengah. Sedangkan di Indonesia sendiri hanya ada lima yang memiliki Komisi Informasi termasuk salah satunya kabupaten Bulukumba.

Ditempat yang sama dalam sambutan Bupati Bulukumba, ia berharap Komisi Informasi mampu menjadi corong atau penghubung antara pemerintah dan masyarakat terkait kebijakan-kebijakan pemerintah yang terbengkalai di kalangan masyarakat. Selain itu bagaimana mengatasi berbagai persoalan di tengah masyarakat.

Lanjutnya, AM Sukri menyampaikan,” semua hal-hal yang berkaitan dengan tupoksi dibiayai oleh pemerintah, untuk itu suadara-saudara silakan bekerja sesuai tugas dan kemampuan masing-masing,” harapnya dihadapan para anggota Komisi Informasi yang telah resmi dilantik.

Selain itu AM Sukri Sappewali menambahkan bahwa Keterbukaan informasi adalah keharusan bukan sebuah pilihan untuk membangun Bulukumba yang kita cintai ini.

“Selamat bertugas dan ingat sumpahmu untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.(*)

unohttp://jalurdua.com
Jurnalis JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here