Jalurdua.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Indonesia 9 Februari 2024

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

― Advertisement ―

spot_img

Bus Damri Hadir Menghubungkan Bandara Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan ASDP Bira

JalurDua.Com, Bulukumba - kabar gembira datang bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bira dan Kepulauan Selayar. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, bekerja sama dengan...
BerandaNewsSulawesiAnak di Bontotiro Dilibatkan dalam Perencanaan Daerah

Anak di Bontotiro Dilibatkan dalam Perencanaan Daerah

Bulukumba,- Pemerintah Kecamatan Bontotiro, Bulukumba melibatkan anak sekolah dalam perencanaan membangun daerah.

Kegiatan tersebut diramu dalam kegiatan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Anak yang digelar di Aula Kecamatan Bontotiro, Bulukumba,
Sabtu, 29 Januari 2022.

Beberapa perwakilan anak hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya perwakilan SMAN 4, SMKN 9, SMAN 11, SMPN 31, MTSN 3, SMPN 29, serta SMPN 30.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Bulukumba, Andi Mappaita Massarappi mengatakan, Musrembang sangat penting dalam keterlibatan anak dalam pembangunan.

Itu dikarenakan, merupakan salah satu indikator penilaian Kabupaten Layak Anak sebagaimana amanah Permen PPPA Nomor 12 Tahun 2015 tentang Panduan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan.

“Pelibatan anak dalam pembangunan Bulukumba baru sekitar 4 tahun berturut-turut dilaksanakan. Dengan dukungan seluruh pemangku kebijakan, OPD dan pelibatan Anak sehingga Alhamdulillah tahun 2021 yang lalu Pemerintah Bulukumba mendapatkan penghargaan KLA tingkat Madya dimana tahun 2018 dan 2019 tingkat Pratama,” katanya.

Ada tiga bidang lanjut Mappaita pelibatan anak dalam pembangunan yang bisa diusulkan dalam Musrenbang anak, yaitu bidang fisik prasarana, bidang sosial dan bidang ekonomi.

Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappelitbangda Bulukumba,Andi Alif Amri mengatakan, bahwa salah satu kunci yang dapat mengantar anak-anak Bontotiro menuju kesuksesan ialah sekolah.

“Perbaiki sekolah, maka kesuksesan akan menghampiri, tidak perlu bangga ketika dikenal sebagai anak nakal, suka bolos,suka berkelahi,” katanya.

Selain itu, perlu juga memanfaatkan waktu muda karena kenakalan ketika remaja hanyalah kesenangan sesaat.

” Hari ini anak-anakku mengikuti kegiatan yg bermanfaat yaitu Musrenbang anak yang merupakan wadah pelibatan anak dalam menyampaikan usulan pembangunan di Kecamatan Bontotiro dan nantinya usulan skala prioritas dapat disampaikan melalui Musrenbang Kabupaten Bulukumba,” kata Andi Alif Amri.

Kasi PMD Kecamatan Bontotiro Muh Sulthan, yang membuka acara Musrembang anak, mengharapkan anak-anak agar melakukan hal positif serta berperan aktif membantu pemerintah dalam pembangunan di Kecamatan Bontotiro.