Angin Kencang, Pohon Tumbang Tutup Jalan Penghubung Borongrappoa-Bantaeng

0
57
Pohon tumbang menutup ruas jalan penghubung Borongrappoa-Bantaeng, Minggu (5/1/2020).

Jalurdua.com, Bulukumba- Awal tahun 2020, cuaca ekstrim mulai menghampiri kabuapaten Bulukumba, Sulsel. Hujan dan angin kencang mulai terjadi, utamanya di daerah pegunungan.

Di kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, angin kencang mulai terjadi. Sedikitnya 10 pohon yang berada di bibir jalan menghubungkan Bulukumba dan Bantaeng tumbang, dan membentang di jalan, Minggu (5/1/20/2020)

“Poros Borongrappo-Bantaeng, kurang lebih 10 pohon tumabang akibat curah hujan yg tinggi dan anging kencang,” Ujar Yusuf, salah seorang anggota TIM Reaksi Cepat, Pemkab Bulukumba.

Akibatnya, bagi pengguna jalan yang hendak melintas area tersebut harus terhenti sementara.karena terhalang pohon dan ranting kayu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba yang tiba di lokasi sebelum mengevakuasi pohon, harus berdiskusi dengan pemiliknya. Pasalnya, pohon tersebut terbilang besar dan berguna bagi masyarakat.

“Ada beberapa pohon yang kami (Tim Evakuasi, Red) tidak bersihkan, karena sang pemiliknya meminta. Ia sendiri yang akan evakuasi. Kami hanya menghilangkan ranting yang menghalangi jalan,” Katanya.

Petugas evakuasi akhirnya melakukan pembersihan hingga malam hari, untuk menghilangkan ranting pohon yang masih menutup jalan. (Uno)