Apa yang Paling Diharapkan Orangtua dari Anaknya?

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Bulukumba – Sepenggal cerita menarik di wilayah  edukasi hari ini kembali datang dari pengalaman mengajar di kelas belajar gratis “Pendidikan Nol Rupiah” Gerakan Mengajar Pemuda Daerah Mengabdi (Gema Pandemi), Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (27//2020).


Mentor Gema Pandemi, Kasmayani, relawan yang mengabdi di Desa Balong Sektor Kecamatan Ujungloe, mengungkapkan, bahwa tidak banyak dari orang tua menuntut banyak terhadap anaknya harus pintar membaca, menghitung dan menggambar.

Bacaan Lainnya

banner 300600

“”Apa yang paling kita harapkan untuk anak kita? Ilmu yang membuat mereka menjadi orang hebat atau dia yang bersyukur dan bahagia dengan segala proses yang dia lalui? Setiap bermain game saya tidak melihat siapa pemenangnya tapi bagaimana mereka bisa melalui game itu dengan baik dan tidak memiliki kecurangan.” Tutur Kasma.

Hari ini Kasmayani mengajarkan mereka arti sebuah proses dalam melakukan sesuatu. Meskipun hanya memberikan games kepada mereka yang menurut orang lain itu hanya permainan biasa. Namun bagi Kasmayani itulah cara untuk melihat karakter setiap anak saat bermain. Sebelum Kasmayani membantu mereka untuk meningkatkan bakat dan minatnya,  terlebih dahulu gadis ini berusaha mengenali karakter dan sifat-sifat mereka seperti apa.

“Kata-kata harus dan memberikan beban kepada anak kita. Akankah mereka bahagia menjalaninya dan bersyukur? Yang pastinya tidak,  mereka akan merasa terpaksa untuk melakukan itu agar orang tuanya bisa bangga kepada dirinya,  yang pastinya dengan melakukan banyak cara yang mungkin saja caranya benar atau salah. Itu artinya mereka tidak menghargai prosesnya yang mereka butuhkan hanya hasil yang memuaskan. Jika anak kita terbentuk dengan karakter seperti ini, akankah dia bisa menjadi anak yang bijaksana dan dapat menghargai proses? Sepertinya tidak.” Tutur alumnus UNM ini.(*)


Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.