Arum Spink: Pantai Bira Lebih Indah Dari Bali Tapi Belum Dikelola Baik

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Bulukumba – Bira lebih indah daripada Bali. Tapi kenapa Bali lebih terkenal? Karena sektor pariwisata kita tidak pernah dikelola secara baik dan profesional. Demikian diungkapkan legislator DPRD Sulsel dari fraksi partai NasDem, Arum Spink ketika menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Ripparda) Provinsi Sulsel 2015-2030, di Kecamatan Kindang, Bulukumba, Rabu (29/07/2020).

Perda tersebut, kata Pipink sapaan Arum Spink, merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025.

Bacaan Lainnya

banner 300600

“Apa urgensinya perda ini harus kami sampaikan, karena Kabupaten Bulukumba merupakan pusat wisata Tirta (Air) di wilayah selatan Sulsel,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulsel itu.

Perda Ripparda, jelas Pipink, tidak hanya memuat soal pembangunan destinasi wisata, tetapi juga memuat soal pembangunan pemasaran, pembangunan Industri, dan pembangunan kelembagaan kepariwisataan daerah.

“Bulukumba punya destinasi wisata laut, Bira, Apparalang, dan lain lain. Wisata Budaya ada Ammatoa Kajang. Wisata Gunung ada kahayya. Wisata religi, ada makam Dato Tiro, Agrowisata kita punya, di Bulukumpa, Rilau Ale, Ujung Loe. Tinggal perlu dikelola secara baik dan profesional,” lanjut Alumni UIN Alauddin Makassar ini.

“Tidak heran jika dalam kurun waktu dua tahun terakhir pemerintah Provinsi Sulsel telah menggelontorkan bantuan dana hibah untuk pengembangan pariwisata di Bulukumba.” Ungkap Pipink,

“Tahun 2019 kami di Provinsi sudah menyetujui alokasi anggaran dana hibah sebesar 9 Miliyar untuk infrastruktur pariwisata. Di tahun ini, kami menggelontorkan lagi dana hibah sebesar 50 Miliyar juga untuk sektor pariwisata di Bulukumba,” terangnya.

Mantan Ketua KPU Bulukumba itu menambahkan, jika sektor pariwisata Bulukumba dikelola dengan baik maka akan mampu mengalahkan banyak pariwisata yang sudah terkenal di Indonesia, seperti Bali dan masih banyak lagi.(*)

Editor: Alfian Nawawi

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.