Baznas Bulukumba Latih Warga Buat Produk Lokal Dari Rumput Laut

  • Whatsapp
banner 300600

JALURDUA.COM, BULUKUMBA- Kabupaten Bulukumba memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk diantaranya adalah rumput laut dan sereh. Namun, produk turunan dari kedua hasil pertanian tersebut belum banyak beredar di pasaran.

Untuk mengolah hasil pertanian menjadi sebuah produk,  Baznas Kabupaten Bulukumba menggelar pelatihan pembuatan produk berbahan lokal rumput laut dan sereh.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Pelatihan yang diikuti dari 25 peserta dari berbagai kecamatan di laksanakan di aula Kantor Baznas Bulukumba, Minggu (19/10/2019).

Menurut Ketua Baznas HM Yusuf Shandy, Bulukumba memiliki sumberdaya dan kekayaan alam yang melimpah, termasuk di bidang pertanian dan perkebunan. Namun, yang terjadi selama ini adalah petani rumput laut jualnya rumput laut. Begitu pula petani sereh jualnya batang sereh. Petani umbi-umbian jualnya umbi-umbian.

Yusuf menambahkan,  melalui pelatihan diharapkan ada beberapa produk turunan dari hasil pertanian yang dibuat seperti brownis rumput laut dan selei rumput laut, seperti yang sudah dikembangkan oleh Baznas Bulukumba.

“Ada banyak produk makanan olahan dan obat kecantikan yang bisa menjadi produk turunan dari rumput laut ini, demikian pula sereh,” bebernya.

Olehnya itu, pihaknya melibatkan generasi muda untuk terlibat dalam pengolahan hasil pertanian, termasuk para sahabat dari Zakat Community Development (ZCD) dan PIC Program Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Kabupaten.

Pelatihan itu sendiri menghadirkan dua pelatih dari Makassar, salah satunya Ratnasari, staff Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Ibu Ratnasari ini juga sebagai pelaku usaha handmade dan telah memproduksi dan memasarkan banyak produk olahan pertanian,” bebernya. (Uno)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.