BerandaEdukasiBAZNAS Dorong Desa Terbitkan Perdes Zakat Harta

BAZNAS Dorong Desa Terbitkan Perdes Zakat Harta

JalurDua.Com, Bulukumba – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendorong para Kelala Desa untuk menerbitkan Peraturan Desa (Perdes) tentang pengumpulan Zakat Harta berbasis desa.

Demikian disampaikan Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba Muhammad Yusuf Shandy dalam Rapat Koordinas dan Pembekalan Zakat, di Kantor Camat Ujungloe, Senin 5 April 2021

Ia menjelaskan, potensi zakat harta di Bulukumba sangat besar, termasuk dari sektor pertanian dan perkebunan. “Hasil pertanian kita sangat banyak. Di bagian barat Bulukumba banyak cengkeh dan padi. Di timur banyak tambak, padi, jagung dan lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, petani yang menghasilkan 653 kg gabah ke atas, mereka sudah wajib zakat. Para petani cengkeh, petani jagung, petani porang, jika hasil panennya telah mencapai hasil yang setara dengan harga gabah senilai 653 kg gabah, mereka juga wajib menunaikan zakat pertanian dan perkebunan.”

Selain zakat pertanian, di Bulukumba juga terdapat banyak zakat perusahaan. “Kapan pengusaha wajib menunaikan zakat perusahaannya? Jika modal dan labah mereka telah mencapai senilai 85 gram emas, yakni sekitar 75 juta rupiah,” terangnya.

Pada acara tersebut, BAZNAS dan para Kepala KUA sepakat untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat fitrah dan infak rumah tangga muslim, untuk kemudian didistribusikn kepada para fakir miskin dan mustahik lainnya, demi peningkatan kualitas umat dan pengentasan kemiskinan, di Butta Panrita Lopi Bulukumba.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat dan Kepala KUA Ujungbulu, Ujungloe dan Bontobahari. Hadir pula para lurah dan kepala desa serta para Imam Desa dan para penyuluh zakat Kemenag Kabupaten. Bulukumba.**

unohttp://jalurdua.com
Jurnalis JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News