Begini Keceriaan Anak-Anak Dusun Bambaungan Disambangi Komunitas Literasi

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Bulukumba – Hamaika Project, sebuah komunitas literasi yang terdiri dari sekelompok pelajar SMA 10 di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, kembali bergerak menjelajahi pelosok-pelosok.

Senin sore bersama hujan, (3/8/2020), Hamaika Project kali ini menjangkau Dusun Bambaungan, Desa Balantaroang, kawasan paling ujung di wilayah Kecamatan Bulukumpa. Hujan ternyata tidak mematahkan semangat anak-anak untuk bercengkerama dengan buku-buku yang dibawa Hamaika Project.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Selain menggelar lapak baca. Hamaika Project pun kembali membuka “kelas liar”, istilah milik Hamaika Project.  Mereka mengajar anak-anak mengenal huruf, angka, Rukun Islam dan Rukun Iman, serta memberikan edukasi Covid-19 kepada anak-anak dusun.

“Kami juga mensosialisasikan tentang pentingnya melestarikan permainan tradisional. Tadi kami bermain jengkal, kotak pos, lempar sandal, dan matematika zig-zag.” Tutur Arzal, juru bicara Hamaika Project.

Beda dusun beda cerita. Beber Arzal, semangat anak-anak di Dusun Bambaungan untuk membaca buku sangat luar biasa. Buktinya mereka bahkan membaca habis beberapa judul buku. Sampai-sampai membaca buku dengan suara yang lantang.

“Setelah kegiatan selesai bahkan masih ada anak-anak yang tinggal untuk membaca beberapa buku yang belum ia baca. Sungguh semangat yang luar biasa. Anak-anak bercerita mereka senang ketika ada kegiatan seperti ini. Mereka berharap di daerahnya bisa ada rumah baca untuk mereka.” Ungkap Arzal.(*)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.