Bukan Dipancing, Ikan Oarfish Yang di Selayar Ternyata Terdampar. Kadis Perikanan : Tetap Waspada

  • Whatsapp
banner 300600

JALURDUA.COM, BULUKUMBA- Ikan Oarfish yang dikenal sebagai ikan pembawa pesan terhadap manusia ditemukan nelayan di laut Selayar beberapa waktu lalu. Temuan ini pun menjadi perbincangan masyarakat warga Selayar utamanya di sosial media.

WargaNet beranggapan kemuncuan ikan tersebut bisa menjadi pertanda akan adanya gempa bumi dan tsunami di daerah tersebut. Mereka bahkan mengirim hasil tangkap layar artikel mengenai fenomena ikan Oarfish disejumlah daerah seperti Palu, dan Jepang sebelum terjadi gempa bumi.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Masyarakat Selayar, bahkan beberapa yang resah dengan kabar tersebut, meski ada diantara mereka tetap menyerahkan kepada Tuhan YME.

Kemunculan ikan tersebut, memang masih mengundang tanda tanya di kalangan masyarakat, apakah ikan itu terdampar atau hasil pencingan nelayan.

Setelah penelusuran jalurdua.com, pengunggah pertama ke facebook menyampaikan klarifikasinya. Akun @Irma Yanti Irma di akun facebooknya yang menandai akun Najwa Latifah menuliskan, ” Maaf ya kemaring sya sempat bilang hasil pancing ternyata tu tdk benar ikan ini merapat keperahu Kata Ade saya terus ditangkap rame2 sma temanx bersama Andi Saputra” Tulisnya di Facebook pribadinya.

Mengenai hasil tangkapan ini, Dinas Perikanan dan Kelautan, Kabupaten Kepulauan Selayar, Ir. Makkawaru mengaku, saat ini dirinya masih belum melakukan penyelidikan lebih jauh.

“Karena saat ini saya berada di luar kota, jadi kami belum bisa pastikan betul mengenai ikan tersebut. Mengenai informasi yang tersebar di masyarakat, saya hanya menyampaikan tidak ada salahnya jika kita waspada,” Ujarnya. Senin (9/12/2019) dikutip dari rayatku.com.

Makkawaru juga mengungkap belum mendapatkan penjelasan ilmiah, ikan tersebut bisa dikaitkan dengan akan adanya gempa bumi dan tsunami.

Ia juga mengaku baru pertama kali melihat jenis ikan tersebut. Bahkan di Kabupaten Kepulauan Selayar, sepanjang pengetahuannya, ikan tersebut baru pertama kali ditemukan nelayan.

“Yang perlu kita pastikan, apakah ikan itu termasuk jenis ikan yang dilindungi atau tidak. Namun mengenai anggapan masyarakat tentang gempa dan tsunami, tetap perlu diwaspadai,” Jelasnya.

Seperti diketahui, ikan Oarfish juga pernah muncul dibeberapa daerah yang pernah dilanda gempa dan tsunami, seperti di pesisir pantai di Palu dan Jepang.

Oarfis memang dikenal ikan yang tinggal dikedalaman diatas 1.000 meter tengah laut. Kehadirannya di pesesisr pantai juga dikenal sebagai penymapai pesan. (Wan)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.