Jalurdua.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Indonesia 9 Februari 2024

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

― Advertisement ―

spot_img

Jarak Dekat, Andi Herfida Optimis Kontingen FASI Bulukumba Raih Juara di Bantaeng

JalurDua.Com, Bulukumba - Sebelum berangkat untuk mengikuti lomba Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, kontingen FASI Bulukumba dijamu dan bersilaturahmi dengan...
BerandaEBisDari Desa ke Pasar Ekspor: Sambel Mama Aji Siap Harumkan Nama Bulukumba

Dari Desa ke Pasar Ekspor: Sambel Mama Aji Siap Harumkan Nama Bulukumba

JalurDua.Com, Bulukumba – hujan deras tidak menghentikan semangat masyarakat Desa Benteng Gantarang. Di tengah guyuran hujan, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf hadir dalam peresmian Rumah Produksi Sambel Mama Aji di Borongloe. Acara ini juga dihadiri Ketua DPRD Bulukumba, H. Rijal, beberapa anggota DPRD, dan Camat Gantarang, Muh. Yusri.

Asbar, Kepala Desa Benteng Gantarang sekaligus perwakilan dari keluarga pemilik Sambel Mama Aji, mengungkapkan rasa bangganya. “Kehadiran bupati, wakil bupati, dan Ketua DPRD adalah paket lengkap yang menjadi kehormatan bagi kami,” ujarnya. Meski baru dirintis beberapa bulan lalu saat Ramadan, Sambel Mama Aji telah menunjukkan pertumbuhan produksi yang mengesankan.

Eril Cikas, pemuda dibalik kesuksesan ini, menjadi sorotan. Namanya merupakan akronim dari Citta dan Kasmiati, orang tua Eril. Asbar menyebut Eril sebagai contoh pemuda yang berhasil menciptakan lapangan kerja. Ketua DPRD, H. Rijal, juga memuji perjalanan usaha Eril, mulai dari warkop hingga produk sambel ini.

Bupati Andi Utta menegaskan pentingnya bahan baku lokal dari Bulukumba. “Konsep petik olah jual ini memberikan nilai tambah bagi produk pertanian lokal,” katanya. Ia menekankan pentingnya kontinuitas dan kualitas untuk memenuhi syarat ekspor.

Hj. Muli, distributor dari Makassar, mengakui keberhasilan Sambel Mama Aji. “Awalnya hanya puluhan yang terjual, kini mencapai tiga ribuan hanya di Makassar,” ungkapnya. Kehadiran rumah produksi ini tidak hanya meningkatkan produksi tetapi juga membuka peluang ekspor yang berkelanjutan.

Peresmian Rumah Produksi Sambel Mama Aji ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Andi Utta, didampingi Wabup Andi Edy Manaf, dan Ketua DPRD H. Rijal. Dengan tujuh varian rasa seperti Ikan Cakalang dan Daging Sapi, Sambel Mama Aji siap mengharumkan nama Bulukumba di luar daerah.(*)