Galakkan Literasi di Desa, Arum Spink Serahkan Bantuan 20 Unit Komputer Untuk Perpustakaan

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Bulukumba – Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Partai NasDem, Arum Spink, melakukan sosialisasi Peraturan Paerah (Perda) Nomor 9 tahun 2019 tentang Fasilitasi Percepatan Pembangunan Pedesaan, di Desa Ara dan Lembanna, Bonto Bahari, Sabtu (15/08/2020), Sore kemarin.

Perda tersebut, merupakan perda inisiatif DPRD Sulsel untuk menjawab banyaknya program pembangunan di desa yang tidak bisa direalisasikan karena keterbatasan anggaran

Bacaan Lainnya

banner 300600

“Perda ini bisa membantu desa merealisasikan semua program yang dicanangkan. Karena jika hanya mengandalkan Dana Desa meskipun nilainya cukup besar, sangat sulit untuk merealisasikan semuanya,” kata Arum Spink saat memaparkan Perda tersebut.

Dalam perda tersebut, lanjut Pipink sapaan Arum Spink, memungkinkan bagi desa untuk bermohon dana hibah maksimal 2 Miliar langsung ke Pemerintah Provinsi, yang dapat digunakan baik pembangunan infrastruktur maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Banyak keluhan masyarakat yang disampaikan tapi kami, seperti perbaikan jalan di Desa contohnya. Tapi kami tidak bisa melakukan apa-apa karena memang bukan wewenang kami. Kehadiran perda ini Insya Allah akan membatu menjawab kegelisahan-kegelisahan itu,” ucap Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulsel ini.

Usai pemaparan Perda, Arum Spink bersama Dinas Perpustakaan dan kearsipan Daerah Provinsi Sulsel, menyerahkan secara simbolis 20 unit komputer untuk perpustakaan desa di kabupaten Bulukumba.

“Setiap Desa ada 2 unit komputer, Buku bacaan, dan rak buku. Di tahap pertama ini ada 10 Desa. Masih ada 30 Desa lagi yang akan diserahkan ditahap selanjutnya,” ungkap Mantan ketua KPU Bulukumba yang memang dikenal sebagai pegiat literasi.

Sementara itu, perwakilan Dinas Perpuskaan Provinsi Siti Aliyah mengungkapkan, kabupaten Bulukumba merupakan daerah dengan jumlah desa yang mendapat bantuan perpustakaan desa terbesar di Sulsel.

“Sebenarnya tahun ini Bulukumba hampir saja tidak dapat bantuan. Tapi karena perjuangan pak Arum Spink, Alhamdulillah Bulukumba mendapat bantuan untuk 40 Desa. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tutupnya.(*)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.