Hipotermia, Seorang Pendaki Bawakaraeng Meninggal Dunia

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Gowa – Salah satu Pendaki Gunung Bawakaraeng di Pos 9 di Kabupaten Gowa meninggal dunia.

Senin 17 Agustus 2020, sekira pukul 02.00 Wita, Tim SAR Kabupaten Gowa yang berada di Pos 9, menginformasikan bahwa salah satu Pendaki Gunung Bawakaraeng meninggal dunia di Pos . Dia seorang remaja bernama Wawan. Masih sangat belia, umur 16 Tahun.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Wawan bersama dengan rekannya yang berjumlah 9 orang memulai pendakian pada hari Ahad (16/8) melalui Jalur Lingkungan Taksosok Kecamatan Sinjai Barat. Setelah tiba di antara Pos 8 dan Pos 9 Wawan mengalami Hipotermia (kedinginan). Tim SAR Gunung Bawakaraeng yang berada di Pos 10 langsung memberikan pertolongan dan menangani dengan alat seadanya.

Pukul 17.14 Wita, kondisi Wawan mulai membaik dan rencana akan dievakuasi pada Senin pagi 17 Agustus 2020 melalui jalur Tassosok.

Pukul 02.00 Wita, TIM SAR Gunung Bawakaraeng yangdi Pos 10 memberi informasi ke Posko SAR Lembanna bahwa Wawan sudah meninggal dunia. Selanjutnya dievakuasi lewat jalur Veteran Lingkungan Bulu Baklea Keiduga.

Diduga korban lewat jalur tersebut agar bisa sampai di puncak Bawakaraeng. Karena apabila korban lewat jalur sesuai aturan di Pos Lembanna tidak mendapatkan izin karena sesuai Perintah Pemda Kabupaten Gowa bahwa pendaki diizinkan hanya sampai di Pos 3, Lembah Ramma dan Lembah Lembanna.

Masih banyaknya Jalur pendakian ke Puncak Gubung Bawakaraeng yang tidak terjaga oleh Aparat dikarenakan Keterbatasa jumlah Aparat Kemaman dibanding Jalur masuk dan Jumlah Pendaki.

Wawan Kurniawan adalah pelajar asal Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba. Wawan mendaki bersama rekannya Wahyu Hidayat dari tanggal 12 agustus 2020 melalui Jalur Lembanna.(*)

Editor: Alfian Nawawi

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.