Jangan abaikan, Ini Fungsi Tutup Pentil Ban

  • Whatsapp
banner 300600

JALURDUA.COM- Sebagai pemilik kendaraan, hal yang dianggap kecil seringkali diabaikan, salah satuny adalah tutp pentil ban yang memang berukuran kecil.

Siapa menyangka, tutup pentil ini dapat berpengaruh pada kenyamanan berkendara, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan jika dibiarkan.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Pentil ban yang terbuka dapat menyebabkan debu serta air masuk, sehingga katup akan rusak dan karet sil di dalam ‘valve’ menjadi getas.

Selain itu, bagian logam pada ban juga akan mengalami karatan karena air bisa dengan mudah masuk melalui sela pentil tanpa pelindung.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kebocoran udara akan terjadi dari celah yang rusak. Tekanan udara di dalam ban juga terus menurun akibat kebocoran halus yang tidak terdeteksi.

Pentil ban sejatinya berfungsi menjaga ban tetap dalam tekanan ideal. Rembesan udara melalui sela-sela pentil bisa tertahan oleh tutup dan tidak langsung terbuang.

Di dalam pentil terdapat beberapa komponen kecil yaitu sil berbahan karet, penonjok, dan per. Lapisan karet di dalam pentil itu berfungsi sebagai penyumbat udara biar air sama debu tidak masuk!

Tak hanya itu, dalam kondisi tertentu, kawat penyangga di dalam ban akan bekerja ekstra menahan beban berlebih karena kurangnya tekanan udara.

Lama kelamaan, kawat akan putus dan berpotensi menyebabkan ban benjol atau pecah. Jika dalam keadaan kendaraan bergerak cepat, bisa menyebabkan kecelakaan karena kendaraan yang hilang kendali. (wan)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.