BerandaEdukasiJurnalis Online Indonesia Gelar Dialog Kebangsaan

Jurnalis Online Indonesia Gelar Dialog Kebangsaan

JalurDua.Com, Bulukumba – Awak media atau jurnalis adalah kaum yang bekerja sebagai penyampai fakta. Maka mereka kerap bersentuhan langsung dengan sumber-sumber berita. Baik peristiwa maupun informan dan narasumber. Dengan begitu awak media setiap saat bisa meresapi langsung apa saja yang terjadi sesungguhnya dalam ruang publik.

Proses sebuah peristiwa menjadi sebuah berita di media merupakan kerja-kerja khas jurnalis yang memiliki banyak cerita di baliknya. Dan tidak semua berita bisa mengcover secara sempurna dan utuh setiap peristiwa. Demikian pula dengan asumsi, opini, dan semacamnya.

Semangat dalam memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 sedang bergairah di mana-mana. Di tengah pandemi, banyak tradisi HUT Proklamasi yang niscaya kita tidak bisa lagi nikmati tahun ini. Banyak yang berubah akibat pandemi.

Gejolak pada suhu panas politik khususnya di Bulukumba yang sedang bising menuju Pilkada 2020 misalnya tentu tidak bisa dianggap enteng. Para jurnalis di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan khususnya yang menghimpun diri dalam DPD Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Bulukumba, sejenak mewakafkan waktu dan energi menggelar dialektika untuk temu ide dan pelbagai bentuk pemikiran meretas jalan solutif untuk kebangsaan. Terkhusus untuk ruang lokalitas, Bulukumba.

Ketua Panitia, Muhlis Uno, menuturkan, ruang dialektika ini bertajuk Dialog Kebangsaan, digelar oleh JOIN bersinergi dengan berbagai pihak. Digelar di halaman kantor Diskominfo Kabupaten Bulukumba, Jumat 14 Agustus 2020, ba’da isya sampai selesai.

“Dialog Kebangsaan ini terselenggara dari sinergi berbagai pihak. Mulai kepanitiaan hingga pihak-pihak sponsor. Masalah kebangsaan yang agak tergerus makna dan implementasinya akhir-akhir ini adalah salah satu keprihatinan jurnalis khususnya yang tergabung di JOIN.” Beber Muhlis yang juga jurnalis JalurDua.Com ini.

Dialog Kebangsaan ini mengusung tema “Wujudkan Pilkada Damai, Aman dan Sejuk Untuk Indonesia Maju” dengan menghadirkan para pembicara, yakni Bupati Bulukumba, Dandim 1411 Bulukumba, Kapolres Bulukumba, Ketua KPUD Bulukumba, dan Ketua Panwaslu Bulukumba. Disiarkan langsung oleh Radio Swara Panrita Lopi FM sebagai salah satu sponsor.

Sponsor lainnya yang mendukung Dialog Kebangsaan ini yakni Klinik Nurul, Apotek Sehati Care, IAI Bulukumba, Aramedica, Kedai Kopi Litera, Warung 59, Apotek Panca Sakti, Apotek Putri Farma, Klinik Yasira, dan Hidroponik Bulukumba.

“Dialog Kebangsaan ini merupakan soliditas JOIN merawat kebhinnekaan. Semoga bisa memantik sesuatu yang bermanfaat.” Tandas Muhlis.(*)

Alfian Nawawihttp://jalurdua.com/
Kolumnis dan Editor JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here