Jumat, Juli 1, 2022

Kapal Pesiar Senilai Ratusan Milyar Terbakar Hebat dan Tenggelam

Date:

Populer hari ini

Jalurdua.com – Sebuah kapal pesiar raksasa yang diperkirakan bernilai Rp 110 Miliar dilaporkan tenggelam setelah petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api di kapal, ketika sedang ditambatkan di Pelabuhan Torquay.

Devon and Somerset Fire and Rescue Service (DSFRS) mengatakan ada sekitar 8.000 liter bahan bakar di perahu 85 kaki, yang menyebabkan orang dievakuasi dari dermaga di barat daya Inggris itu.

Sekitar pukul 6 sore, api padam dan kru sedang bekerja untuk meredam (kebakaran) di dermaga, kata juru bicara DSFRS sebagaimana dilansir Guardian pada Sabtu (28/5/2022).

Juru bicara itu menambahkan: “Perahu telah tenggelam sehingga (api) padam sekarang. Sekarang sudah diserahkan ke Badan Lingkungan Hidup dan Syahbandar.”

Petugas pemadam kebakaran dipanggil tepat sebelum tengah hari pada Sabtu (28/5/2022) untuk melaporkan kapal pesiar terbakar.

Lebih dari dua jam setelah kejadian, api masih menyala saat beberapa petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

Pada pukul 3 sore, dinas pemadam kebakaran menyarankan semua penduduk di daerah dekat marina untuk menutup jendela dan pintu mereka karena “asap berbahaya”, menambahkan bahwa: “Kru terus berupaya memadamkan api.”

Para kru menggunakan kapal nahkoda pelabuhan untuk membantu memadamkan api.

Tidak ada cedera yang dilaporkan. Badan Lingkungan South West mengatakan fokus telah bergeser ke “respon polusi” setelah kapal tenggelam.

“Petugas kami telah memeriksa kualitas udara di sekitar pelabuhan Torquay sore ini setelah kebakaran kapal pesiar, yang dinyatakan sebagai insiden besar,” cuitnya.

“Dianggap tidak ada masalah nyata dengan kualitas udara, tetapi kami mengawasi situasinya.

“Dengan kapal pesiar yang sekarang tenggelam, dan dengan (sekitar sembilan) ton solar di dalamnya, fokus sekarang pada polusi. Penanggulangan pencemaran dipimpin oleh syahbandar. Petugas kami membantu dengan saran dan bimbingan tentang kualitas air mandi dan sebagainya.”

Komandan area penjaga pantai untuk wilayah pesisir South Devon dan South East Cornwall mengatakan pihaknya membantu polisi Devon dan Cornwall dalam menutup tepi laut Torquay.

Saksi mata melaporkan “gumpalan asap tebal yang tajam mengepul dari Pelabuhan Torquay”.

Georgina Cleasby, yang sedang bersepeda pulang ketika dia melihat api, mengatakan kepada ITV: “Kami berdiri dan menonton selama sekitar 10 menit sampai asap mulai mempengaruhi dada kami.”

“Ada begitu banyak asap sehingga menutupi matahari. Kami mendengar beberapa ledakan kecil dan juga bisa melihat api.”

Grace Kedzior-Macdonough (20 tahun), sedang mengunjungi kota tepi laut itu bersama pasangannya ketika dia mendengar “ledakan” datang dari pelabuhan.

Dia mengatakan kepada kantor berita PA bahwa dia melihat kru di kapal tetangga menyemprotkan selang untuk menghentikan mereka terbakar saat api menyala di air.

“Awalnya kami hanya bingung karena kami hanya duduk di sekitar pelabuhan dan hanya ada asap hitam yang muncul entah dari mana.

“Itu semakin buruk karena tali pengaitnya putus karena terbakar dan saat itulah ia mendekati jembatan.”

Polisi Devon dan Cornwall sebelumnya mengatakan kapal itu “berlabuh dengan baik dan telah putus dari tambatannya”, tetapi sejak itu diamankan oleh dinas pemadam kebakaran.

Mereka mengatakan pantai terdekat juga dievakuasi untuk keselamatan publik dan ada beberapa penutupan jalan, termasuk di sepanjang kawasan pejalan kaki dan tepi laut dan bagian dari Torbay Road, Belgrave Road dan Shedden Hill.

Dinas pemadam kebakaran mengatakan penyebab kebakaran tidak diketahui dan penyelidikan akan dilakukan.

(Agt / Sumber: Kompas.com)

Terbaru