BerandaEdukasiKodim 1411/ Bulukumba, Penanaman Bibit Nilam Guna Ketahanan pangan

Kodim 1411/ Bulukumba, Penanaman Bibit Nilam Guna Ketahanan pangan

JalurDua.Com, Bulukumba – Personel Kodim 1411/BLK melaksanakan kegiatan penanaman bibit nilam sebanyak kurang lebih 2500 pohon bibit nilam guna ketahanan pangan, di Lokasi Lahan Kodim 1411/Blk (Sekitar Area lapangan tembak Kodim 1411/Blk), Dusun Pangi, Desa Swatani, Kecamatan. Rilau Ale, Kabupaten. Bulukumba, Rabu

Dalam kegiatan penanaman bibit nilam dihadiri oleh Letkol Arm. Joko Triyanto, S. Pd (Dandim 1411/Blk), H. Dahri (Pengusaha minyak Atsiri) dan para Perwira Kodim 1411/BLK

Dalam sambutannya Letkol Arm. Joko Triyanto, S. Pd mengatakan. Bahwa penanaman bibit nilam tersebut dilakukan dengan melihat prospek bisnis minyak nilam yang cukup menjanjikan. Sedikitnya, 1 hektare lahan disiapkan sebagai lahan percontohan penanaman nilam.

Setelah dilakukan peninjauan ternyata memenuhi syarat, penanaman sementara dilakukan semoga saja hasilnya sesuai yang diharapkan.

Penanaman nilam tersebut dilakukan atas penawaran kerjasama Sdr. H. Dahri yakni salah seorang pengusaha di Kabupaten Bulukumba.

Bahwa Lokasi lahan seluas 1 Hektar milik Kodim 1411/Blk yang disiapkan sebagai Lokasi penanaman nilam tersebut merupakan percontohan untuk masyarakat.

Nilam ini adalah jenis tanaman baru di wilayah Bulukumba, sehingga harus ada percontohan dulu supaya warga bisa melihat hasil dari tanaman tersebut. Kita harap dikemudian hari banyak warga yang berminat untuk menanam nilam, ucapnya

Juga menambahkan H. Dahri (Pengusaha Minyak Atsiri Kab. Bulukumba) pada intinya mengatakan. Bahwa potensi nilam di Kab. Bulukumba cukup menjanjikan dan beberapa wilayah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat mendrop minyak nilam ke Bulukumba untuk selanjutnya diekspor ke luar negeri.

Dan potensi minyak nilam terbesar yang ada di Indonesia, yakni Sulawesi dan Aceh sedangkan kebutuhan minyak nilam dunia hanya 26 % yang terpenuhi, ini potensi besar bagi kita untuk memanfaatkan momentum ini.

Perlu diketahui bahwa nilam merupakan tanaman penghasil minyak atsiri melalui proses penyulingan dan harga ekspornya juga cukup menjanjikan.(*)

unohttp://jalurdua.com
Jurnalis JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here