BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Kristalisasi Fungsi Bhabinkamtibmas, Hutang Piutang Pun Bisa Tuntas

Bulukumba, JalurDua.Com – Salah satu kristalisasi dari fungsi dan peran Bhabinkamtibmas di desa adalah ketika mampu membantu berbagai penyelesaian kasus-kasus pelik di tengah masyarakat desa.

Seperti baru-baru ini yang terjadi di Desa Taccorong. Bhabinkamtibmas, Desa Polewali dan Desa Taccorong, Bripka Baso Sufri, berhasil membantu penyelesaian kasus hutang piutang antara dua orang warga, Senin (29/6/2020).

Bersama Kades Polewali, Bhabinkamtibmas Desa Bialo, Bripka Ihwan, dan anggota FKPM memediasi kasus hutang piutang jual beli sapi antara warga Desa Bialo bernama Suratman selaku pelapor dan Muhammad Idris, warga Desa Polewali selaku terlapor.

Setelah dimediasi, pihak terlapor bersedia akan membayar hutangnya sebesar Rp. 14.000.000.- kepada pelapor paling lambat bulan September 2020. Surat kesepakatan bersama lalu dibuat dan ditandatangani.

Penyelesaian kasus dengan metode pendekatan seperti ini memang biasa diimplementasikan oleh Bhabinkamtibmas di berbagai desa di tanah air. Itulah sebabnya, kristalisasi fungsi sebagai Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan bagi setiap personel Polri yang mendapatkan tugas dan amanat pengabdian di wilayah desa. Sebagaimana contoh yang telah ditunjukkan oleh Bripka Baso Sufri.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Latest Posts