Senin, September 26, 2022

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal

Date:

Populer hari ini

La Baco

Bagi Belanda, tidak semua anak keturunan ningrat bisa diajak bekerjasama. Terbukti banyak tokoh pemuda terpelajar yang bergelar Andi yang kemudian memimpin gerakan menentang Belanda.

Vaksin COVID-19 Sinovac Tahap I Tiba di Kayong Utara

KAYONG UTARA, KALBAR - Sebanyak 1.400 vial Vaksin COVID-19...

Foto : Kompas.com

Jalurdua.com – Jakarta | Air kelapa sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, manfaat air kelapa muda telah banyak digunakan untuk menjaga kesehatan.

Tumbuhan dengan nama latin Cocoa nucifera ini pun sangat mudah ditemui.

Manfaat kesehatan air kelapa bagi tubuh juga dipercaya dapat menghidrasi tubuh secara alami. Selain itu, air kelapa muda mengandung nutrisi penting termasuk mineral.

Lantas, apa saja manfaat air kelapa muda?

  1. Air kelapa sumber nutrisi yang baik
    Dilansir dari Healthline, Sabtu (19/3/2022) air kelapa terbentuk secara alami dalam buah dan mengandung air 94 persen dan sedikit lemak.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan dalam buah yang matang. Kelapa sendiri membutuhkan waktu 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya.

Rata-rata kelapa hijau menyediakan sekitar setengah hingga segelas air kelapa. Sementara santan, mengandung sekitar 50 persen air dan sangat tinggi lemak kelapa.

  1. Manfaat antioksidan pada air kelapa muda
    Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang diproduksi di sel selama metabolisme. Saat stres atau cedera, produksinya akan meningkat.

Saat terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, maka akan memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan yang terpapar racun telah menunjukkan, air kelapa mengandung antioksidan yang memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

Satu studi khasiat air kelapa muda menemukan, tikus dengan kerusakan hati menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam stres oksidatif ketika diobati dengan air kelapa dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima perlakuan.

Dalam penelitian lain, tikus yang diet tinggi fruktosa diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, seperti halnya tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Meski begitu, sejauh ini belum ada penelitian tentang manfaat kesehatan air kelapa muda yang menyelidiki aktivitas antioksidan ini pada tubuh manusia.

Terbaru