BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Manfaat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang menimpa sebagian dunia telah memengaruhi aktivitas manusia. Banyak kegiatan yang dilakukan menjadi di rumah, mulai dari bekerja di rumah sampai dengan belajar dirumah. Tanda-tanda kembali ke sekolah pun masih belum pasti, karena adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Solusi pemerintah pun adalah dengan membiarkan anak belajar secara daring.

Teknologi disini memiliki peran penting dalam pembelajaran di masa pandemi. Dengan hadirnya teknologi maka potensi guru akan semakin diperkuat, walaupun peran guru dalam pembelajaran tidak bisa digantikan oleh teknologi  tetapi dengan adanya teknologi maka potensi guru akan semakin dikuatkan melalui digitalisasi pendidikan.

Meski banyak kendala dan kekurangan dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring sejatinya memberikan manfaat yang banyak. Walaupun awalnya memang terkesan membosankan, tetapi banyak manfaat yang dapat anak ambil dari belajar daring ini.

Manfaat belajar daring yaitu sebagai berikut :

1. Lebih fleksibel, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, kapasitas belajar pun lebih banyak dan juga dapat disesuaikan dengan kapasitas masing-masing siswa.

2. Mengajarkan sikap disiplin dan tanggung jawab, belajar daring membuat para siswa menjaga perilaku baik dengan teman maupun dengan guru.Selain itu, belajar daring juga dapat menjaga sikap bertanggungjawab ketika diminta mengerjakan tugas dari guru.

3. Menjaga aktivitas anak tetap terjaga, aktivitas anak setiap hari seperti waktu bermain, tidur, makan, mandi, belajar, memakai seragam, dan sebagainya.  Belajar daring membantu aktivitas tersebut tetap berjalan seperti biasanya.

4. Mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak, seperti belum dapat mengenali warna, terlambat bicara, sulit menghafal justru dapat terdeteksi melalui belajar daring ini.

5. Mengenali potensi anak, orangtua akan lebih mudah mengenali potensi anak jika dapat mengarahkannya dengan tepat waktu.

6. Lebih bebas untuk mengeksplorasi, saat belajar daring anak lebih bebas memilih apa yang ingin dia pelajari. Dengan memiliki kebebasan untuk memilih sendiri apa yang ingin dipelajari, anak terdorong untuk belajar dengan sendirinya tanpa adanya paksaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BABADESAIN.COM

web desa, Portal Berita, Instansi, Lembaga, Personal, Online shop

Latest Posts