BerandaEdukasiManfaat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

Manfaat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang menimpa sebagian dunia telah memengaruhi aktivitas manusia. Banyak kegiatan yang dilakukan menjadi di rumah, mulai dari bekerja di rumah sampai dengan belajar dirumah. Tanda-tanda kembali ke sekolah pun masih belum pasti, karena adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Solusi pemerintah pun adalah dengan membiarkan anak belajar secara daring.

Teknologi disini memiliki peran penting dalam pembelajaran di masa pandemi. Dengan hadirnya teknologi maka potensi guru akan semakin diperkuat, walaupun peran guru dalam pembelajaran tidak bisa digantikan oleh teknologi  tetapi dengan adanya teknologi maka potensi guru akan semakin dikuatkan melalui digitalisasi pendidikan.

Meski banyak kendala dan kekurangan dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring sejatinya memberikan manfaat yang banyak. Walaupun awalnya memang terkesan membosankan, tetapi banyak manfaat yang dapat anak ambil dari belajar daring ini.

Manfaat belajar daring yaitu sebagai berikut :

1. Lebih fleksibel, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, kapasitas belajar pun lebih banyak dan juga dapat disesuaikan dengan kapasitas masing-masing siswa.

2. Mengajarkan sikap disiplin dan tanggung jawab, belajar daring membuat para siswa menjaga perilaku baik dengan teman maupun dengan guru.Selain itu, belajar daring juga dapat menjaga sikap bertanggungjawab ketika diminta mengerjakan tugas dari guru.

3. Menjaga aktivitas anak tetap terjaga, aktivitas anak setiap hari seperti waktu bermain, tidur, makan, mandi, belajar, memakai seragam, dan sebagainya.  Belajar daring membantu aktivitas tersebut tetap berjalan seperti biasanya.

4. Mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak, seperti belum dapat mengenali warna, terlambat bicara, sulit menghafal justru dapat terdeteksi melalui belajar daring ini.

5. Mengenali potensi anak, orangtua akan lebih mudah mengenali potensi anak jika dapat mengarahkannya dengan tepat waktu.

6. Lebih bebas untuk mengeksplorasi, saat belajar daring anak lebih bebas memilih apa yang ingin dia pelajari. Dengan memiliki kebebasan untuk memilih sendiri apa yang ingin dipelajari, anak terdorong untuk belajar dengan sendirinya tanpa adanya paksaan.

Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

67 KOMENTAR

  1. First of all I want to say fantastic blog! I had a quick question which I’d like to ask if you don’t mind.
    I was curious to know how you center yourself and
    clear your thoughts before writing. I’ve had trouble clearing my mind in getting my thoughts out there.
    I truly do enjoy writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are lost just trying to figure out how to begin. Any suggestions
    or hints? Kudos!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here