Mappangaji, Cara Da’i Muda dan Radio di Bulukumba Ini Bumikan Al Qur’an

  • Whatsapp
banner 300600

Bulukumba – Membumikan Al Qur’an bisa ditempuh melalui berbagai cara dan metode. Baik konvensional yang berbasis tradisi maupun secara modern sesuai perkembangan jaman.

Sebagaimana umumnya di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan, di Kabupaten Bulukumba, sejak dahulu dikenal tradisi “mappangaji”, yakni mengajarkan Al Qur’an dalam tahap dasar baca tulis.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Tradisi “mappangaji” atau “mappangngaji” biasanya mudah ditemui di kampung-kampung di Bulukumba. Terutama pada sekitar era 1950-1990-an. Bahkan pada awal-awal dekade 2000-an masih bisa dijumpai guru-guru mengaji tradisional di berbagai kampung. Murid-muridnya merupakan anak-anak warga setempat.

Para guru mengaji tersebut memberikan ilmunya tanpa dibayar sama sekali. Para muridnya cukup membantu sang guru, misalnya mengangkut air, membersihkan rumah, dan lainnya.

Mentradisikan kembali “mappangaji” secara modern melalui siaran radio, diimplementasikan oleh Radio Cempaka Asri 102,5 FM Bulukumba, sejak tahun 2013 sampai sekarang. Dalam program ini pendengar bisa menelepon dan membacakan surah atau ayat tertentu. Dipandu seorang penyiar dan da’i maka kekeliruan bacaan bisa diperbaiki. Ilmu tajwid bisa semakin dipermantap, dan manfaat lainnya.

Da’i pengasuh program “Mappangaji” di Radio Cempaka Asri, Ustadz Ikhwan Bahar, menuturkan, “Mappangaji” dapat diikuti secara rutin sekali dalam sepekan saban malam Jum’at di Radio Cempaka Asri.
“Mappangaji bisa didengarkan di Radio Cempaka Asri setiap malam Jum’at.” Kata Ustadz Ikhwan, melalui komunikasi virtual, Kamis (25/6/2020)

Manajer Program PT. Radio Cempaka Asri, Wahyudi Alwi atau yang lebih dikenal dengan nama udara Yudi Cempakas, menuturkan, bahwa”Mappangaji” sejak beberapa tahun terakhir merupakan bentuk kerjasama Majelis Da’i Muda (MDM) Kabupaten Bulukumba dengan Radio Cempaka Asri Bulukumba. “Acara ini didukung oleh Pegadaian Syariah Cabang Bulukumba.” Jelas Yudi.(*)

Liputan: Uno
Editor : Alfian Nawawi

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.