Jalurdua.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Indonesia 9 Februari 2024

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

― Advertisement ―

spot_img

Jarak Dekat, Andi Herfida Optimis Kontingen FASI Bulukumba Raih Juara di Bantaeng

JalurDua.Com, Bulukumba - Sebelum berangkat untuk mengikuti lomba Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, kontingen FASI Bulukumba dijamu dan bersilaturahmi dengan...
BerandaHeadlineMemastikan Akses Layanan Publik Selama Libur: Dukcapil Bulukumba Tetap Buka Selama...

Memastikan Akses Layanan Publik Selama Libur: Dukcapil Bulukumba Tetap Buka Selama Libur Panjang

JalurDua.Com, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), memastikan bahwa layanan akan tetap tersedia bagi warga selama periode libur panjang, dari tanggal 8 hingga 11 Februari 2024. Keputusan ini merupakan bagian dari kebijakan nasional yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Kepala Disdukcapil Bulukumba, Dedi Rahmad, menyatakan, “Meskipun saat ini sedang libur panjang hingga 11 Februari 2024, kami tetap membuka layanan administrasi kependudukan. Bahkan pada tanggal 14 Februari 2024, layanan akan tetap tersedia.”

Dia menjelaskan bahwa layanan selama libur panjang ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia menjelang pemilu. Layanan yang akan tersedia mencakup proses perekaman, pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan pendaftaran KTP Digital.

“Dukcapil Bulukumba akan melayani masyarakat mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Namun, pencetakan KTP hanya untuk pemilih pemula,” tambahnya.

Dedi menegaskan bahwa Dukcapil Bulukumba akan berupaya maksimal dalam memberikan layanan terbaik terkait KTP.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa menjelang pemilu 2024, perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) menjadi prioritas utama. Hal ini karena KTP-El akan digunakan oleh masyarakat saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

“Saati ini, terdapat tiga lokasi perekaman KTP-El di Kabupaten Bulukumba, namun hanya satu tempat untuk pencetakannya di Mal Pelayanan Publik (MPP),” ujarnya.

Dedi juga mengimbau masyarakat untuk segera mengurus administrasi kependudukan, terutama perekaman KTP-El, di pos-pos layanan Dukcapil.

“Kepemiluan merupakan salah satu alasan penting mengapa KTP-El harus dimiliki,” tandasnya.

Sebagai informasi tambahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan Surat Layanan Dukcapil pada Hari Libur dan Pelaksanaan Pemilu 2024 Nomor 400.8.1.2/1615/Dukcapil yang ditujukan kepada Kepala Dinas/Biro Dukcapil Provinsi serta Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Surat tersebut menegaskan kewajiban Disdukcapil Provinsi, Kabupaten, dan Kota untuk membuka layanan kependudukan pada hari libur, mulai dari tanggal 8 hingga 11 Februari 2024, serta pada hari pemilu pada tanggal 14 Februari 2024.(*)