BerandaHeadlineMengapa Desa ini Sangat Nyaman Dihuni dan Dikunjungi?

Mengapa Desa ini Sangat Nyaman Dihuni dan Dikunjungi?

JalurDua.Com, Bulukumba – Setiap hari lingkungan dan hunian harus bersih dan asri. Itu kunci sederhana bagi warga Desa Swatani. Dan mereka pun selalu bergotong royong membersihkan lingkungannya. Sejak jamannya kakek nenek dan leluhur mereka, kebiasaan bergotong royong itu memang selalu dipertahankan.

Warga Desa Swatani pun terbiasa menyelesaikan setiap perihal secara kolektif. Terlebih lagi saat ini dipimpin oleh kepala desanya, Andi Dhoddy Aryadi. Kepala desa yang masih muda dan enerjik ini memiliki pemikiran dan gagasan yang selalu dieksekusi secara manis bersama warganya.

Andi Dhoddy Aryadi bersama anak-anak muda dalam aksi bersih-bersih.

Swatani adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Selalu nampak bersih dan asri. Setiap pagi dan sore emak-emak dan gadis-gadis menyiram bebungaan di taman atau pekarangan mereka. Apalagi sekarang memang lagi musim kembang hias. Secara berkala bapak-bapak dan anak-anak muda bergotong royong melakukan kegiatan kebersihan.

“Melakukan bersih-bersih merupakan salah satu contoh untuk mendidik dan memahami akan arti kesehatan. Selain itu, warga secara tidak langsung mendapatkan sekalgus mewariskan edukasi, tentang arti dari kebersamaan dan gotong royong, karena pelaksanaan tersebut sesuai dengan Pancasila Sila ke 3.” Cetus Andi Dhoddy Aryadi.

Jurnalis JalurDua.Com bersama Bang Tengku, seorang tokoh pemuda di Swatani. (Dok: Ist.)

Menjelang HUT RI KE 75, Pemerintah Desa Swatani beserta seluruh jajaran Kadus, RK, RT, dan kader kembali melaksanakan kegiatan kebersihan di area Kantor Desa Swatani, Selasa pagi (4/8/2020).

“Insya Allah akan dilanjutkan di setiap dusun untuk diadakan kerja bakti membersihkan dusun masing-masing di wilayah kerja Desa Swatani. Ke depan, warga tetap terus menjaga kebersihan di lingkungan mereka masing-masing karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.” Tutur Andi Dhoddy Aryadi.(*)

Editor: Alfian Nawawi

unohttp://jalurdua.com
Jurnalis JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News