Merekam Tutur dan Visual, Pendim 1411 dan Jurnalis Bulukumba Menyintas Alam di Lokasi TMMD

  • Whatsapp
banner 300600

JalurDua.Com, Bulukumba – Pada pelaksanaan TMMD reguler, peran Pendim sangat besar. Lantaran dalam TMMD reguler terdapat lomba jurnalistik. Bagi sebagian besar dari kita kata “Pendim” masih terdengar asing. Pendim adalah akronim dari “Penerangan Kodim”. Bila di kepolisian atau di lingkup pemda dan instansi sipil biasanya disebut Humas. Sedangkan di dalam dunia kemiliteran disebut penerangan.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Tim Pendim adalah personel TNI yang bertugas medokumentasikan suatu kegiatan yang melibatkan unsur TNI. Tim Pendim juga bertugas membuat press release untuk dipublikasikan melalui Twitter, Instagram, Facebook, WhatsApp, email, blog, website, dan bahkan dikirim ke media massa.

Sebagai salah satu kegiatan membuka gapura menuju Pembukaan TMMD 109 TNI Manunggal Membangun Desa Kodim 1411/Blk pada 22 September 2020, Pendim 1411/Blk bersama para wartawan Bulukumba melaksanakan peliputan dan pengambilan gambar di sekitar Lokasi TMMD.

Para perekam peristiwa itu bergerak ke lokasi perintisan jalan dan pembuatan Talud. Mereka langsung mewawancarai Kepala Desa Sapobonto Andi Bangkailong. Tuturan direkam, visual didokumentasikan. Hadirnya akses jalan yang menghubungkan Desa Sapobonto dengan Desa Kindang yang akan dikerjakan oleh TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020, menurut Andi Bangkailong merupakan sebuah lompatan besar. Terungkap dari orang nomor satu di desa tersebut, bahwa bagi warga Desa Sapobonto niscaya lahir banyak harapan menanti perubahan dan kemajuan. Akses jalan adalah juga tempat bagi munculnya tranformasi ide baru dari hulu ke hilir, juga sebaliknya. Bukan hanya sekadar sebagai penunjang transportasi untuk mendorong laju perekonomian.

Perjalanan lalu dilanjutkan. Kali ini Pendim 1411/Blk bersama para wartawan meliput anak sekolah MTS Kindang yang sedang melintasi jembatan bambu Sungai Balantieng Desa Kindang. Berlatar belakang hijau pohon-pohon rimbun, beberapa karya fotografi tercipta dari mereka yang tentunya tidak setiap hari bisa mereka rekam di tempat lain, apalagi di perkotaan.

Ada testimoni dari Kepala Dusun Bungayya Andi Olle dan wawancara terhadap ibu guru MTS Kindang Andi Ayuasriadi, S. Pd bersama anak sekolah yang sedang melaksanakan proses belajar mengajar.

Hari yang cukup menguras tenaga namun semangat Tim Pendim 1411 dan para jurnalis Bulukumba dari berbagai media tersebut tidak surut. Banyak oleh-oleh dari lokasi ini. Tentunya juga berupa pengabadian beberapa momen dan dipindahkan ke teks, foto, maupun video.(*)

Editor: Alfian Nawawi

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.