Tomy : Pemda Bulukumba Siapkan 5000 Hektare Kuota Asuransi Pertanian

  • Whatsapp
banner 300600

JALURDUA.COM, BULUKUMBA- Musim kemarau yang melanda Kabupaten Bulukumba, Sulsel membuat petani padi mengalami gagal panen, yang serentak terjadi di semua wilayah.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengaku, untuk mengantisipasi gagal panen, ada kuota dari pemerintah sebanyak 5000 hektar untuk mendapatkan asuransi pertanian di wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami gagal panen.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Dirinya meminta para petani untuk memanfaatkan asuransi pertanian itu dengan hanya membayar 36 ribu rupiah perhektarnya.  

Hal ini dianjurkan oleh Wabup Tomy oleh karena sampai saat ini, dari 2500 hektar yang terancam gagal panen, hanya sekitar 554 hektar yang masuk asuransi, sehingga ada ada 2000 hektar rugi begitu saja, padahal jika dimasukkan dalam asuransi, petani bisa mendapatkan jasa asuransi 6 juta rupiah perhektarnya.

“Sangat disayangkan, jika petani tidak menggunakan asuransi pertanian, karena hanya senilai dua bungkus rokok,” bebernya.

    Seperti diketahui, salah satu daerah yang dilanda seperti di keluarahan Ballasaraja. Petani, mengaku, dalam satu tempat sekitar lebih dari satu hektare sawahnya tidak bisa dipanen tahun ini, karena kering diusia muda. Olehnya ia berharap ada bantuan perintah melalui asuransi pertanian.

    Warga Ballasaraja yang padinya menderita puso salah satunya, H. Alwi, yang masuk dalam kelompok tani Mattiro Deceng Lingkungan Bontorihu, Kelurahan Ballasaraja. Ia mengaku dari biasanya sampai 30 karung di waktu normal, kini yang dipanen hanya 3 karung.

    “Kita berharap, kami masuk dalam kuota 5000 hektare tersebut. Kami melalui ketua kelompok tani sudah didaftarkan, dan sudah membayar iuran jauh sebelumnya,” Ujarnya, Rabu (9/10/2019). (Uno)

    Pos terkait

    banner 300600

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.