Jalurdua.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Indonesia 9 Februari 2024

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

― Advertisement ―

spot_img

Stadion Mini Bulukumba Bertransformasi Menjadi Oase Kesehatan dan Komunitas

JalurDua.Com, Bulukumba - Di bawah kepemimpinan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, Kabupaten Bulukumba tidak hanya berkembang,...
BerandaEdukasiPeringati World Pharmacist Day, Apoteker Indonesia Cabang Bulukumba Adakan Grebek Pemeriksaan Kesehatan...

Peringati World Pharmacist Day, Apoteker Indonesia Cabang Bulukumba Adakan Grebek Pemeriksaan Kesehatan Gratis

JalurDua.Com, Bulukumba – Hari Farmasi Sedunia atau World Pharmacist Day yang diperingati setiap tahun pada tanggal 25 September, menjadi momentum penting bagi profesi apoteker di seluruh dunia. Untuk merayakan hari bersejarah ini, Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Bulukumba (IAI Cabang Bulukumba) menggelar acara istimewa dengan mengadakan grebek pemeriksaan kesehatan gratis di Pasar Tradisional Cekkeng, Kabupaten Bulukumba, pada hari sabtu tanggal 23 September 2023. Kegiatan ini merupakan wujud kontribusi positif apoteker dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pasar Tradisional Cekkeng, yang merupakan pusat aktivitas ekonomi masyarakat Bulukumba, menjadi saksi dari aksi sosial ini. Tenda pemeriksaan kesehatan yang didirikan oleh PC IAI Cabang Bulukumba dan Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba menjadi daya tarik bagi sekitar 100 warga sekitar pasar yang memadati lokasi sejak pagi.

Antusiasme warga sangat terlihat saat mereka antri untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis. Salah satu pengunjung, Ibu Siti, menyampaikan.

“Ini kesempatan yang sangat bagus bagi kami yang mungkin sulit mengakses pelayanan kesehatan secara rutin. Terima kasih kepada apoteker dan puskesmas yang telah memberikan pelayanan ini secara gratis.”ungkapnya dengan semangat.

Pemeriksaan kesehatan yang disediakan meliputi pengukuran gula darah dan pengukuran tekanan darah. Kedua pemeriksaan ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam pemantauan kesehatan tubuh. Apoteker yang ahli dalam bidang obat-obatan memberikan penjelasan dan konsultasi kepada masyarakat mengenai hasil pemeriksaan mereka.

Kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan secara gratis tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemantauan kesehatan secara berkala. Ketua PC IAI Cabang Bulukumba, Apt Haslianto Halim, mengatakan, “Kami berharap dengan kegiatan ini, masyarakat dapat lebih peduli dan proaktif dalam menjaga kesehatan mereka. Apoteker adalah mitra yang siap membantu dalam upaya ini.”ungkapnya.

Saat berbicara tentang pentingnya peran apoteker dalam perawatan kesehatan, Ketua IAI Cabang Bulukumba, Apt Haslianto Halim, menekankan, “Farmasis adalah ujung tombak dalam perawatan kesehatan. Mereka bukan hanya distribusi obat, tetapi juga penasihat kesehatan yang handal. Oleh karena itu, kita perlu menghargai peran apoteker dalam masyarakat.”tuturnya.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang mengapresiasi inisiatif tersebut. Bapak Darmawan, wakil dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba, menyatakan, “Kami berterima kasih kepada PC IAI Cabang Bulukumba dan Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba atas upaya mereka dalam meningkatkan kesehatan masyarakat kami. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan.”jelas Haslianto.

World Pharmacist Day sendiri adalah hari yang ditetapkan oleh International Pharmaceutical Federation (FIP) untuk menghormati peran apoteker dalam menjaga kesehatan masyarakat. Setiap tahun, tema yang berbeda dipilih untuk merayakan peran apoteker dalam berbagai aspek perawatan kesehatan. Tema untuk tahun 2023 adalah “Farmasis: Pelayan Kesehatan yang Terpercaya.”tutupnya.

Sebagai kontribusi terhadap tema tersebut, kegiatan grebek pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan wujud nyata dari kepercayaan masyarakat kepada apoteker sebagai mitra terpercaya dalam perawatan kesehatan. Dengan memberikan layanan kesehatan secara gratis, apoteker di IAI Cabang Bulukumba telah memberikan contoh yang baik dalam menjalankan peran mereka.

Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan peran apoteker dalam menjaga kesehatan masyarakat semakin meningkat. Peringatan World Pharmacist Day bukan hanya tentang mengenang sejarah profesi apoteker, tetapi juga tentang merayakan kontribusi mereka dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Selain pemeriksaan kesehatan, kegiatan ini juga menjadi momen untuk memperkuat kerja sama antara PC IAI Cabang Bulukumba dan Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba dalam menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat. Ini adalah contoh konkret dari kolaborasi yang menguntungkan masyarakat.

Dengan harapan bahwa kegiatan semacam ini akan menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga kesehatan masyarakat, peringatan World Pharmacist Day tahun ini di IAI Cabang Bulukumba berhasil menyampaikan pesan penting: bahwa apoteker adalah pilar penting dalam perawatan kesehatan, dan kesehatan adalah hak yang harus diakses oleh semua orang.(**)