Sebagian Besar Tenaga Pendidik Di Bulukumba Kurang Paham IT dan Pembelajaran Daring.

  • Whatsapp
banner 728x90

Oleh: Iqbal Arifin

Bacaan Lainnya

banner 300600

Sebagian besar tenaga pendidik dan guru di Bulukumba kurang paham IT dan pembelajaran daring. Sekian tahun negeri ini sudah disentuh teknologi dan digitalisasi tapi bidang yang fundamental yaitu bidang pendidikan belum mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya guru dan tenaga pendidik yang kurang menguasai IT dan pembelajaran online atau daring.

Bahkan hal ini makin terasa sulit dan sangat dibutuhkan disaat pandemi yang sudah mengglobal sehingga IT dan pembelajaran daring makin diperlukan.

Banyak faktor yang membuat keadaan ini makin rumit. Diantaranya kesadaran guru dan tenaga pendidik, sarana telekomunikasi, jaringan internet yang belum merata, anggaran yang tidak maksimal bahkan cenderung sedikit dimanipulasi atau dikorupsi dan sebagainya.

Bahkan jikapun mampu melakukan pembelajaran daring dan paham IT masih ada juga rintangan yang dihadapi guru dan siswa. Salah satunya akses internet yang belum memyentuh semua daerah utamanya yang di desa dan pedalaman.

Hal positif yang bisa kita ambil dari “bencana” penyakit ini adalah munculnya kesadaran semua pihak untuk mulai berbenah mengejar dan memperbaiki semua aspek dengan satu tujuan yaitu demi generasi penerus anak-anak Indonesia. Utamanya di Kabupaten Bulukumba yang banyak dikenal oleh daerah lain di Sulawesi Selatan sebagai gudangnya para guru cerdas.(*)

Penulis adalah seorang pemerhati dan praktisi pendidikan di Bulukumba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.