BerandaOpiniSeberapa Aman, Efektif, dan Efisienkah Luring?

Seberapa Aman, Efektif, dan Efisienkah Luring?

Oleh:

Iqbal Arifin, S.Pd.

Selain Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) yang menggunakan akses internet juga ada pembelajaran Luring (Luar Jaringan). Luring masih tetap menggunakan pembelajaran tatap muka. Hal ini dilakukan di masa Pandemi Covid-19. Pemerintah belum membuka sekolah akhirnya luring dilakukan oleh sebagian guru dan siswa dan ini terlihat banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah di luar kota.

Luring biasanya dilakukan karena tidak mampu belajar daring yang membutuhkan akses internet dan sarana android atau laptop. Dari segi keamanannya tentu masih menjadi tanda tanya.

Belum tentu semua guru dan siswa dijamin bebas Covid-19. Luring pun tidak menjamin bisa menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Di satu sisi akses transportasi dan jalanan yang masih terbatas membahayakan bagi guru dan peserta didik untuk bertemu. Di sisi lain kegiatan ini tentu membutuhkan biaya dan itu bisa diakomodasi dana BOS.

Dari segi efektifitas dan efisiensinya tentu sangat kurang. Hal ini membutuhkan banyak tenaga karena guru harus mengunjungi rumah siswa masing-masing. Dibutuhkan waktu banyak. Sebagai contoh, tujuan pembelajaran normalnya bisa sehari maka bisa menjadi berhari-hari. Dan ada biaya tambahan karena seorang guru yang berkunjung ke rumah-rumah siswa tentu ada biaya transportasi dan biaya lainnya. Belum lagi resiko lainnya yang kurang aman bagi siswa, guru, dan orang tua.

Kesimpulannya, pembelajaran tatap muka di sekolah adalah cara yang paling tepat. Karena sejatinya sekolah bukan hanya sebatas tempat belajar mengajar atau transfer ilm. Di sana ada kegiatan mendidik dan membimbing yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi (IT).

Terlepas dari itu tentu membutuhkan pertimbangan dan kesiapan dari semua elemen masyarakat utamanya pemerintah sebagai penentu kebijakan untuk membuka sekolah atau tetap menutup sementara.(*)

Penulis adalah seorang pemerhati dan praktis pendidikan di Bulukumba

unohttp://jalurdua.com
Jurnalis JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here