Sedekah Jariyah yang Mudah Dilakukan, Apa Saja Sedekah Jariyah?

  • Whatsapp
(Dok: zakat.or.id)
banner 300600

JalurDua.Com – Dalam Islam, dikenal juga istilah sedekah jariyah yang berarti amal yang terjadi terus-menerus. Bahkan, kebaikan dari perbuatan tertentu itu bisa memberi pahala yang berkelanjutan bagi yang berbuat, meski dirinya telah meninggal.

Pandangan Islam menyangkut amal lewat zakat atau sedekah adalah untuk memastikan ada pembagian kekayaan antara si kaya dan si miskin.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Islam sebagai kepercayaan sangat mementingkan amal. Bahkan, zakat atau sedekah yang tercakup di dalamnya, menjadi satu dari lima rukun Islam yang ada.

Rasulullah juga sempat berkata, ketika seseorang meninggal, perbuatannya berakhir kecuali tiga hal: sedekah jariyah (amal tanpa henti); ilmu yang bermanfaat, atau doa anak shaleh/shalehah untuknya (untuk almarhum). (Muslim 4005).

Sehingga, konsentrasi kekayaan tidak terpusat di satu pihak. Konsep ini, juga memastikan agar orang kurang mampu tidak menderita karena harus mengalami kondisi sulit.

Merujuk pada sabda Rasulullah itu, berikut adalah beberapa tindakan yang dapat membantu kita mendapatkan sedekah jariyah, dikutip dari laman About Islam, Senin (11/1/2021).

Perlu menjadi catatan, tindakan kecil dari amal juga bisa dihitung serupa. Salah satunya yang paling ringan adalah senyuman. Nabi Muhammad SAW bersabda “Senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah” (HR. At-tirmidzi).(*)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.