Jalurdua.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Indonesia 9 Februari 2024

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

― Advertisement ―

spot_img

Stadion Mini Bulukumba Bertransformasi Menjadi Oase Kesehatan dan Komunitas

JalurDua.Com, Bulukumba - Di bawah kepemimpinan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, Kabupaten Bulukumba tidak hanya berkembang,...
BerandaEdukasiSMA Negeri 1 Bulukumba Terima Sosialisasi Pemilu dari PPK Ujung Bulu

SMA Negeri 1 Bulukumba Terima Sosialisasi Pemilu dari PPK Ujung Bulu

JalurDua.Com, Bulukumba – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, telah menghadirkan semangat demokrasi ke dalam lingkungan pendidikan dengan menggelar acara Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih). Acara ini merupakan bagian dari program “Goes To School” yang diadakan di SMA Negeri 1 Bulukumba pada Senin, 23 Oktober 2023. Kegiatan ini melibatkan para siswa dan siswi kelas 12 yang memenuhi syarat menjadi pemilih pemula pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Sosdiklih diwarnai dengan empat rangkaian kegiatan yang informatif dan interaktif. Pertama, para peserta diundang untuk mengisi kuesioner, memberikan mereka kesempatan untuk berbagi pemikiran mereka tentang pemilihan. Kemudian, materi-materi yang sangat relevan disajikan kepada mereka, termasuk informasi tentang pentingnya tidak golput, tahapan pemilu, syarat menjadi pemilih, hingga pengetahuan tentang jumlah dan warna surat suara, serta upaya pencegahan politik uang.

Setelah itu, peserta diajak untuk melakukan simulasi cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online, memberikan mereka pemahaman langsung tentang bagaimana mereka dapat memeriksa status mereka sebagai pemilih. Terakhir, ada sesi permainan edukatif berupa tanya jawab, yang memungkinkan siswa untuk menguji pemahaman mereka tentang materi-materi yang telah disampaikan yang berhubungan dengan Pemilu tahun 2024.

Kurnia, Anggota PPK Ujung Bulu yang bertanggung jawab atas Sosdiklih, menjelaskan bahwa program “Goes To School” ini adalah inisiatif dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba. Materi yang disampaikan dirancang sesuai dengan kebutuhan pendidikan pemilu para pelajar yang telah memenuhi syarat menjadi pemilih. Menurutnya, Sosdiklih ini sangat penting karena memberikan kesempatan bagi pelajar untuk memahami betapa pentingnya keterlibatan mereka dalam menentukan pemimpin melalui pemilu.

“Melalui Sosdiklih, para pelajar dapat memahami hal-hal penting yang harus dan tidak boleh mereka lakukan untuk memastikan terpilihnya pemimpin yang berintegritas, serta kesuksesan Pemilu tahun 2024,” kata Kurnia dengan singkat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba, Rusli Umar, sangat mengapresiasi upaya PPK Ujung Bulu dalam memberikan sosialisasi kepada para siswa kelas 12 yang akan menjadi pemilih. Ia menyatakan terima kasih atas kerjasama yang baik dalam memberikan pemahaman kepada para peserta didik yang baru pertama kali mengikuti pemilu. Dengan adanya sosialisasi ini, para siswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilu tahun 2024 mendatang.

Ia berharap bahwa melalui sosialisasi ini, Pemilu tahun 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai, dan sukses. Selain itu, ia berharap para peserta didik di SMA Negeri 1 Bulukumba akan termotivasi dan benar-benar berpartisipasi aktif dalam pemilihan, sehingga tidak ada lagi yang memilih untuk tidak memberikan suara, yang biasa dikenal sebagai golput.

“Suksesnya Pemilu tahun 2024 pastinya bergantung pada dukungan yang besar dari PPK yang melakukan sosialisasi, tidak hanya di sekolah-sekolah, tetapi juga di seluruh masyarakat secara luas,” tutupnya dengan penuh semangat.(*)