BerandaNewsSudah Hampir Sepekan Relawan Kahayya Berada di Masamba

Sudah Hampir Sepekan Relawan Kahayya Berada di Masamba

JalurDua.Com, Bulukumba – Banjir Bandang Masamba, Luwu Utara, yang terjadi pada Senin (13/7) malam, telah mengakibatkan puluhan orang meninggal, puluhan orang hilang, dan puluhan ribu keluarga mengungsi.

Bencana alam itu memanggil nurani para relawan kemanusiaan untuk segera bergerak. Salah satunya adalah relawan Kahayya Tanggap Bencana atau KATANA.

Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba menyebutkan, tiga orang relawan KATANA tiba di Masamba pada Sabtu (18/7) sore bersama Tim Tanggap Bencana Baznas Kabupaten Bulukumba, yang dipimpin oleh Ust. Bustan Kadir, Waka III BAZNAS Bulukumba.

“Setelah mendapat surat edaran dari BAZNAS Provinsi Sulawesi Selatan, BAZNAS Kabupaten Bulukumba langsung menghubungi para relawan yang pernah dilatih oleh BAZNAS untuk ikut ke Masamba, salah satunya siap adalah kawan-kawan KATANA,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, relawan KATANA adalah salah satu bukti nyata dari program Zakata Communty Development (ZCD) yang sedang berlangsung di Kampung Zakat Kahayya, Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

Bustan Kadir, Wakil Ketua III BAZNAS Kab. Bulukumba, yang baru tiba dari Masamba pada Selasa (21/7/2020) pagi menyebutkan, para pengungsi sangat membutuhkan bantuan pangan, obat-obatan, selimut, pakaian anak-anak, dan peralatan mandi.

Lebih jauh ia menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan lembaga BTB Pusat, segera akan dibangun beberapa unit MCK, Mushalla Darurat, Hunian Sementara (Huntara), dan penampungan air bersih untuk para pengungsi. “Relawan BAZNAS Bulukumba diminta terlibat aktif dalam pembangunan tersebut,” katanya.

Karenanya, satu atau dua hari ke depan, BAZNAS Kabupaten Bulukumba akan segera mengirimkan lagi relawan ke Masamba, setelah berkoordinasi dengan Pemkab Bulukumba. “Relawan ini akan bekerja selama beberapa hari untuk menyiapkan berbagai fasilitas bagi para pengungsi,” pukasnya.

BAZNAS Kabupaten Bulukumba juga meminta semua kalangan untuk ikut membantu korban bencana di Luwu Utata. Donasi dapat diantar langsung ke Kantor BAZNAS atau melelaui rekening BAZNAS Kabupaten Bulukumba.(*)

Alfian Nawawihttp://jalurdua.com/
Kolumnis dan Editor JalurDua.Com
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

20 KOMENTAR

  1. My coder is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of
    the costs. But he’s tryiong none the less.
    I’ve been using WordPress on various websites for
    about a year and am nervous about switching to another platform.

    I have heard good things about blogengine.net. Is there a way
    I can transfer all my wordpress content into it?
    Any help would be really appreciated! scoliosis surgery https://0401mm.tumblr.com/ scoliosis surgery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here