Syamsuddin Alimsyah Ingin Petani Bulukumba Berdaulat

  • Whatsapp
banner 300600

JALURDUA.COM, BULUKUMBA- Bakal Calon Bupati Bulukumba 2020, Syamsuddin Alimsyah, gelar silaturahmi dengan warga di Desa Salassae, Selasa (20/08/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Syamsuddin banyak berbagi pengalaman bagaimana mendampingi warga terutama petani di beberapa daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

banner 300600

“Dibeberapa daerah saya mendampingi petani. Bukan pendampingan cara bertanam, tapi mendampingi bagaimana lebih berdaulat. Paham akan hakhaknya sebagai warga negara sebagai misal bagaimana petani bisa mendapatkan akses informasi program kebutuhan pertanian secara maksimal. Bagaimana caranya dapat pupuk, dan bagaimana memasarkan hasil panen,” kata Syam.

Syamsuddin pada tahun 2004 hingga 2008 silam, memang melakukan pendampingan petani dan nelayan di Bulukumba dengan membentuk kelompok parlemen group tani dan nelayan.

Anggota parlemen group tersebut tersebar di semua Kecamatan. Syam aktif berpartisipasi dalam perencanaan, pembahasan termasuk pengawasan pembangunan terutama program yang berkaitan dengan hak hak dasar tani dan nelayan.

Menurut Syam, petani sebaiknya jangan dibebani cara berpikir bagaimana mendapat pupuk dan atau berapa harga pupuk. Pemerintah harus menjamin agar pupuk tersedia saat musim tanam. Bukan hanya soal pupuk, Syam juga menekankan kebutuhan mendesak petani akan akses jalan yang layak.

“Saya paham betul kebiasaan kita selama ini saat bertanam. Biasanya perempuan juga ikut terlibat. Kalau tidak bersamaan lakinya atau suaminya turun ke sawah. Biasanya nyusul membawa makanan. Bayangin kalau sedang hamil bawa makanan dengan kondisi jalan kurang bagus. Rawan kecelakaan. Kita harus lebih responsif,” ujarnya.

Mendengar hal tersebut, Amiruddin, salah satu warga yang hadir dalam silaturahmi tersebut mengaku, Syamsuddin Alimsyah layak maju dalam pilkada 2020 mendatang.

“Maju maki’ pak Syam, nanti saya juga sampaikan kepada keluarga untuk mendukung bapak. Kita berharap kedepan bapak bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk Bulukumba,” kata Amiruddin.

Selain Amiruddin, warga lain, Jumaing yang juga sempat hadir dalam kegiatan ini, juga meyakinkan Syamsuddin agar maju dalam pilkada 2020 mendatang.

“Majuki’ saya insya Allah siap membantu untuk menyampaikan kepada keluarga,” kata Jumaing. (Wan)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.