BerandaHeadlineTeknologi ABSAH Pertama Kali di Kayong Utara

Teknologi ABSAH Pertama Kali di Kayong Utara

KAYONG UTARA – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (KKU), Provinsi Kalimantan Barat, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) KKU bakal menerapkan teknologi inovasi akuifer buatan simpanan air hujan (ABSAH) sebagai sumber air baku masyarakat setempat.

Teknologi ABSAH ini berbentuk sebuah bangunan yang merupakan infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan prinsip kerja menampung air hujan dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan seperti kerikil, pasir, bata merah, batu gamping, ijuk, dan arang.

Kepala UPT Air Bersih KKU, Eman Awaludin mengatakan, teknologi ini rencananya akan dibuat di Kayong Utara pada tahun 2021 berlokasi di Desa Nipah Kuning Kecamatan Simpang Hilir, Senin, 25 Januari 2021.

“Teknologi ini dibuat pertama kali di Kayong Utara sebagai program percontohan,” kata Eman saat dihubungi usai menyambut program ABSAH dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Wilayah Sungai Kalimantan I di Pontianak, Senin (25/1).

Sedangkan untuk rencana pelaksanaan pembuatan dilakukan pada April 2021 mendatang.

Pada saat itu, Kepala UPT Air Bersih KKU hadir didampingi Kepala Desa Nipah Kuning, Muhammad Firdaus.

“Arahan untuk Desa Nipah karena syaratnya sekitaran daerah Wilayah Sungai (WS) Kapuas,” jelas Eman.

Adapun batas WS Kapuas sendiri berada diantara perairan sungai Desa Balai Berkuak sampai ke perairan sungai di Desa Nipah Kuning Kecamatan Simpang Hilir.

Dengan adanya teknologi ini, Eman selaku Kepala UPT Air bersih KKU berharap, program tersebut dapat membantu masyarakat khususnya daerah yang sulit akan air bersih. (kang)

Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here