Waspada Demam Berdarah, Dispenser Air Bisa Jadi Sarang Nyamuk DBD

  • Whatsapp
Dispenser Air (Ilustrasi)
banner 300600

Jalurdua.com, Bulukumba- Memasuki musim hujan, penyebaran jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) kian meluas. Terlebih, nyamuk ini menjadikan genangan air sebagai sarang dan tempat bertelurnya.

Direktir Rumah Sakit Umu (RSUD) Sulthan Dg Radja Bulukumba,dr. Abdurrajab mengimbau masyarakat mengenai pentingnya mewaspadai demam berdarah dengue (DBD) yang biasanya berlangsung sekitar akhir bulan Desember.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Pencegahan jentik nyamuk DBD kata Abdurrajab, bisa dilakukan dengan menerapkan pola 3 M. Yaitu, Menguras Bak Mandi, Menutup penyimpanan air, dan Mengubur kaleng dan alat-alat bekas yang bisa jadi sarang nyamuk.

Nyamuk pembawa virus DBD justru mencari genangan air bersih, sepeti bak air, kolam, bahkan dispenser.

” Jadi memang nyamuk DBD ini justru bukan di air kotor, tapi di air bersih. Seperti di talang dispenser air. Ini perlu diperhatikan, dan harus dibersihkan. Atau di kaleng-kaleng bekas. makanya perlu dikubur,” Kata Abdurrajab, beberapa waktu lalu.

Virus Dengue kebanyakan menyerang anak-anak, dan itu baru bisa diketahui setelah 4 hari demam.

” Pada banyak kasus, kalau kena DBD, itu dipemeriksaan pertama, belum muncul, ke 2 dan ke-3 juga belum, bahkan demamnya bisa surut, namun di hari keempat, akan demam tinggi dan memuncak, saat dilakukan pemeriksaan, baru diketahui kalau terkena DBD,” Katanya. (Uno)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.