Jalurdua.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Indonesia 9 Februari 2024

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

― Advertisement ―

spot_img

RUU Penyiaran Ancaman terhadap Kebebasan Berekspresi dan Hak atas Informasi

Rancangan Perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (selanjutnya disebut sebagai RUU Penyiaran) yang sedang diharmonisasi di tingkat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI...
BerandaHeadlineLuar Biasa - Negara Ini Larang Timnas Sepak Bolanya Bertato

Luar Biasa – Negara Ini Larang Timnas Sepak Bolanya Bertato

Ilustrasi – Foto : CNN

Jalurdua.com – Jakarta | Otoritas sepak bola negara ini mengeluarkan aturan baru untuk para pemain tim nasional (timnas). Semua pemain yang membela negaranya harus bebas dari tato.

Badan administrasi olahraga China mengatakan bahwa perekrutan pemain baru yang memiliki tato di level nasional dan tim junior merupakan hal yang “sangat dilarang”.

Pemerintah memiliki alasan yang sangat mendasar soal aturan baru tersebut. Mereka menegaskan bahwa langkah ini akan membantu memberikan “contoh yang baik bagi masyarakat”.

Beberapa pemain bintang timnas China termasuk Zhang Linpeng, sudah diberitahu soal ini. Mereka diminta untuk menutupi tato di tubuhnya.

Memang, China semakin mengetatkan aturan soal tato sejak 2018. Mereka meminta semua hal mengenai tato dihentikan atau tak ditampilkan di layar.

Alhasil, beberapa pesepak bola profesional sudah menutupi tato di badan dengan kostum berlengan panjang.

Dalam sebuah pernyataan, General Administration of Sport (GAS) atau Administrasi Umum Olahraga negeri tersebut mengatakan bahwa para pemain nasional yang memiliki tato “disarankan untuk menghapus” karya seni mencacah tubuh itu.

“Dalam keadaan khusus, tato harus ditutupi selama latihan dan kompetisi, dengan persetujuan anggota tim lainnya,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Dalam budaya China, stigma sudah sangat melekat dengan tato. Pada masa lalu, tato digunakan untuk menandai penjahat dan sampai sekarang, tato masih memiliki hubungan dengan kelompok kejahatan di Asia Timur.

Sejatinya, tato tidak disetujui Partai Kominis China yang berkuasa di Negeri Tirai Bambu tersebut. Meski demikian, tato semakin populer di kalangan anak muda China.

Awal tahun ini, regulator penyiaran China mengumumkan bahwa aturan tersebut diperketat. Bahkan, mereka menyebut memperlihatkan tato di layar merupakan “konten tidak sehat”, melansir kompas.com

Televisi dan internet yang menampilkan tokoh olahraga dan selebriti bertato serta pria berkuncir, telah dibatasi. Atau, jika harus ditampilkan, gambar obyek yang dilarang tersebut harus diburamkan.

Pada Desember lalu, pemerintah China melarang pertandingan sepak bola wanita universitas. Ini dilakukan karena para pemain sudah diberitahu untuk tidak mewarnai rambut mereka.

Penyelenggara pertandingan, National Youth Campus Football League, mengatakan bahwa mereka yang tidak memenuhi syarat tidak akan terlibat dalam pertandingan.

“Atlet di semua tahap tidak boleh memiliki tato, mewarnai rambut mereka, memakai gaya rambut aneh, atau memakai aksesori apa pun. Jika tidak, mereka tidak memenuhi syarat untuk kompetisi.